Thursday, April 25Ajak Kawanmu Untuk Duduk SatuMeja

BGLIB Boardgame and Library Solo Terpaksa Pindah, ke Tempat yang Lebih Besar dan Rencana Ekspansi

SOLO – SatuMeja.com | Setelah awal Februari tahun 2017 lalu BGLib Boardgame and Library dibuka di Solo (Muara Market). Bulan Maret lalu, BGLib Solo ini terpaksa untuk ditutup, penutupan BGLib Solo ini diakibatkan oleh musibah kebakaran Pasar Legi yang ada disebrang Muara Market. Karena kejadian itu, maka Muara Market dikembalikan fungsinya menjadi pasar darurat untuk para pedagang pasar ini.

Butuh waktu 4 Bulan untuk kembali membuka BGLib, karena harus mencari tempat yang baru. Tempat baru yang memiliki karakteristik yang mirip seperti Muara Market, yang membuka ruangan untuk berkolaborasi.

“(Kami) Sempat menjajaki banyak alternatif, tapi kami memilih tempat yang sekarang karena tempat yang sekarang seperti tempat lama kami, memberikan banyak ruang belajar dan kolaborasi dengan sektor lain. Karena sejak dari awal BGLib diharapkan menjadi media bonding, agar menyatukan orang dari berbagai karakter dan sektor, bukan hanya gamer saja.” Ungkap kang Emji, pendiri BGLib Solo

Gudang Sekarpace dipilih oleh kang Emji untuk membangun dan membuka kembali BGLib Solo, gudang ini sebelumnya adalah gudang sepatu merek Sadinoe. Karena arus zaman, meredup lalu gudang ini kosong. Atas inisiatif beberapa teman yang di pimpin oleh Oki Narendra, salah satu cucu Sadinoe, gudang yang telah kosong ini disulap menjadi creative space.

Ada ruang bawah yang digunakan untuk berbagai tenant creative, saat ini salah satunya adalah BGLib Solo. Selain itu dilantai 2 ada Hall yang bisa digunakan untuk pameran atau pertunjukan. Buat gambaran kita, tenant creative yang ada antara lain adalah Trooper Customs, Una Vespa, ada juga stand makanan dan munuman Kopi Loma dan Loaa.id

BGLib Solo di Gudang Sekarpace sekarang memiliki area yang lebih luas, dan ketika ruangannya penuh oleh pengunjung yang bermain, tidak perlu lagi harus bermain di ruangan terbuka yang misbar (gerimis bubar).

“Saat ini (di Gudang Sekarpace) memiliki tempat lebih lega dan luas, main di luar ruangan BGLib juga lebih nyaman, karena masih didalam gedung yang aman dari hujan dan angin. Ada banyak meja besar, tempat lebih santai dan nggak hingar bingar, bisa sambil ngopi, nyoklat, atau makan burger khas Hawaii.
Selain itu akan ada juga tukubuqu, ini adalah store buku dan boardgame yang diinisiasi oleh teman2 BGLib. Tahun ini pula mungkin BGLib dan Hompimpa akan nge blend lagi ke ranah literasi dengan Hompimpa Books” Jelas kang Emji

Untuk perubahan harga, ada kenaikan harga sedikit. BGLib juga menyediakan free glow mineral water tetapi tidak disediakan gelas minumnya, pengunjung diwajibkan membawa tumbler sendiri kalau mau minum. BGLIB Boardgame and Library akan buka setiap hari selasa – sabtu, mulai dari jam 17.00 sampai 21.00 (Last open table). Khusus hari Minggu dan Senin, BGLib tutup.

“Semoga (BGLIB Boardgame and Library di tempat yang baru ini) kembali menghidupkan skena boardgame dan literasi. Semoga menjadi tempat bonding yang asyik bagi banyak kalangan sehingga melahirkan kolaborasi-kolaborasi baru.” Harapan kang Emji saat dihubungi satumeja.com

Ada yang menarik nih, dengan rencana kedepan yang akan dilakukan kang Emji dengan BGLib. “Banyak, salah satunya mungkin yang paling dekat adalah melebarkan sayap ke Jogja. Kebetulan pengelola Gudang Sekarpace juga mengelola sebuah kedai kopi di Jogja yang memberikan kita ruang untuk membuat mini boardgame library” Ungkap kang Emji.

Nah, buat yang sedang ada di Solo dan sekitarnya, silahkan mampir ke Gudang Sekarpace yang ada di  jalan Ir. Sutami no 25, Jebres, Surakarta (map). Ajak kawan-kawan yang lain untuk main bersama-sama diatas satu meja, dan selamat bersenang-senang. (eFKa)

Boleh Share ajak yang lain duduk SatuMeja disini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •