Monday, July 15Ajak Kawanmu Untuk Duduk SatuMeja

Social Party Games ini Menantang Kamu untuk Menjadi Seorang Cenayang Terbaik.

JAKARTA – SatuMeja.com | Dikisahkan ada enam tokoh yang memiliki intuisi yang sangat tinggi, mereka mengikuti sebuah ajang Cenayang Terbaik Tahun ini. Ada Mbah Mardjan sang Petapa Gunung, mbak Jane Ginting sang Jurnalis Kepo, dik Maya sang Pelajar dengan Kucing-Kucing nya, Mr. Sotoy sang Detektif Terbalik, Ses Maya sang Sosialita Julid, dan Tanto Tanti si Anak Kembar yang tak terpisahkan.

Mereka dituntut untuk memiliki kepekaan tingkat tinggi, menebak dari setiap tantangan yang diberikan dengan tujuan untuk mengumpulkan Poin Perak dan/atau Emas (= 3 poin Perak). Dimana kalau ada pemain yang berhasil mengumpulkan minimal 10 poin atau lebih, dia yang akan menjadi pemenangnya.

Cover Karakter, untuk menutupi tebakan sang Cenayang

Selama ajang berlangsung, secara bergantian akan ada satu cenayang yang aktif memberikan petunjuk (Pemain Aktif) dari kartu Target & Topik. Cenayang itu mengucapkan “Diantara kita ini, ada beberapa orang yang bla bla bla”, Bla bla bla ini merujuk pada topik yang didapat dan dipilih oleh cenayang aktif ini.

Pernyataan yang diucapkan ini memiliki 2 kemungkinan bagi masing-masing pemain, antara benar atau salah. Misal pertanyaannya untuk topik makanan, “Diantara kita ini, ada beberapa orang yang sehari makan besarnya hanya satu kali”. Setelah itu semua Cenayang akan menjawab secara bersamaan dengan mengangkat jempolnya jika dia seperti itu (benar).

Cenayang Aktif, berusaha membuat pernyataan yang prediksi jawaban dia yang sesuai dengan kartu target yang dia dapat. Jika jumlahnya sama, maka dia akan dapat 2 poin, atau jika selisihnya 1 dapat 1 poin.

Begitu juga dengan Cenayang Pasif, mereka juga berusaha untuk menebak jumlah cenayang yang sesuai dengan pernyataan tadi ada berapa orang.

Bedanya Cenayang Pasif bebas memilih jumlah prediksi nya, dan jika benar, poinnya hanya dapat 1. Kalau mau dapat poin tambahan, cenayang harus berani betting 1 poin yang dimilikinya. Jika betting dan prediksinya benar, maka cenayang pasif itu mendapatkan bonus 1 poin termasuk 1 poin yang di Betting tadi kembali jadi milik. Kalau prediksi nya salah, maka 1 poin yang di betting tadi hilang.

Oh iya, dalam permainan ini, cenayang juga dapat mendapatkan poin tambahan dari kartu event yang aktif pada saat itu. Tetapi didalam kartu event ini juga ada yang dapat mengurangi poin mu, jadi waspadalah. Yakin dengan kemampuan cenayang mu? Buktikan pada game ini.

Cenayang: A Game of Assumptions, adalah sebuah board game bergenre social-party game yang bisa dimainkan oleh 3-6 orang. Game ini bertujuan untuk membuat para pemainnya bisa lebih saling mengenal satu sama lain dengan cara yang seru dan fun.

“Kami merancang game ini supaya bisa menjadi media yang membuat pemain bisa saling bercerita hal-hal yang sebelumnya tidak diketahui oleh pemain lain. Kami sudah melalukan playtesting di banyak komunitas dan mendapati game ini sangat seru ketika dimainkan dengan group yang memang sudah kenal dekat, karena dari situ pemain mendapatkan banyak cerita tentang teman-temannya yang ternyata dia tidak tahu sebelumnya, dan disitulah letak keseruannya,” ujar Yusak, salah satu kreator dari Cenayang.

“Dengan cara bermain yang mudah dimainkan oleh semua orang, kami berharap Cenayang menjadi sebuah karya yang membuat banyak orang semakin mengenal board game sebagai sebuah media yang memiliki peran positif untuk bisa mendekatkan orang dengan cara yang fun. Game ini juga merupakan salah satu kontribusi kami terhadap industri board game di Indonesia yang tengah berkembang.” Tambah Arya yang juga merupakan kreator dari Cenayang.

Pertama kali membuka box Board Games Cenayang ini, kamu akan mendapatkan 6 Cover Karakter, satu bungkus Token Poin Perak, Poin Emas, dan Token Tebakan. Lalu ada set kartu Event dan Petunjuk singkat cara bermain, dan juga set kartu Target, kartu Topik dan kartu tebakan.

Satu set Rule Book pastinya, dan ada juga pouch atau kantong hitam untuk meletakan kartu topik yang nantinya diambil oleh pemain secara acak didalam kantong itu. Selain itu semua, Momento Craft berbaik hati sekali menyediakan plastik klip untuk menyimpan set kartu dan token-token gamenya.

Silahkan follow ig @Cenayang.boardgame, video by @PlayDay.id

Board Game Cenayang ini sangat menyenangkan sekali untuk dimainkan rame-rame, sebagai sarana bonding pertemanan maupun tim kerja di kantor maupun sekolah biar semakin akrab. Untuk mengetahui cara bermain game ini lebih detil dan melihat videonya silahkan klik link dibawah ini. Kalau kamu juga ingin tau informasi tentang Momento Craft, Board Games Publisher yang bertanggung-jawab atas game Cenayang ini juga ada linknya dibawah ini. (eFKa)

Artikel Terkait:
Cara Bermain Board Game Cenayang, a Game of Assumptions
Mengenal Memento Craft sang Cenayang Board Games Studio (soon)

Boleh Share ajak yang lain duduk SatuMeja disini
  • 12
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    12
    Shares