Monday, March 25Ajak Kawanmu Untuk Duduk SatuMeja

Cara Bermain Board Game Cenayang, a Game of Assumtions

JAKARTA – SatuMeja.com | Board Game Cenayang ini memiliki setup awal yang sangat sederhana, pemain dipersilahkan memilih Cover Karakter yang diinginkan. Karakter ini nanti akan berpengaruh kepada pemain, saat kartu-kartu Event Aktif (dibaca pemain yang sedang bermain). Masing-masing pemain diberikan Kartu & Token Tebakan, yang akan digunakan saat menjadi Cenayang Pasif.

Kartu Target disesuaikan dengan jumlah pemain (3-6 orang), angka target yang digunakan adalah angka 1 sampai jumlah pemain dikurangi 1. Jadi kartu target yang tidak dipakai adalah kartu target yang angkanya sejumlah pemain dan yang lebih besar. Deck Kartu Target dan Event masing-masing dikocok lalu diletakkan di tengah meja. Token Poin Perak dan Emas juga diletakkan ditengah meja, nilai token emas sama dengan tiga token perak.

Deck Kartu Topik dikocok lalu dimasukkan kedalam kantong hitam yang sudah disediakan. OK, persiapan selesai.

Persiapan diawal setap putaran, semua pemain mengambil 1 kartu Topik yang dibuka di depan Cover Karakter & 1 kartu Target Rahasia. Lalu disetiap giliran cenayang bermain sebagai Pemain Aktif, ada 6 fase yang harus dia lakukan.

Komponen Board Game Cenayang

Fase Pertama mengambil kartu Event, membacakan dan melaksanakan perintah yang ada didalam kartu. Fase kedua menerawang, membuat pernyataan yang kira-kira kondisi benarnya sesuai target. Fase ketiga Cenayang lain (Pemain Pasif) juga ikut menebak jumlah kondisi benarnya secara tertutup di kartu tebakan menggunakan token tebakan.

Fase keempat Betting, jika ada cenayang pasif yang yakin & berani atas tebakan yang diberikan bisa mempertaruhkan 1 poin yang dimilikinya, untuk menambah 1 poin jika benar. Jika salah makan poin itu hangus.

Fase kelima menjawab untuk mengetahui kebenarannya, dengan bersama sama mengangkat jempolnya jika pernyataan cenayang aktif sesuai dengan kondisi pemain. seperti yang sudah diceritakan sebelumnya.

Fase keenam pembagian poin, jika prediksi total benar Cenayang Aktif sama, maka dia dapat 2 poin, jika selisih 1 jumlahnya maka dapat 1 poin. Bagi Cenayang Pasif jika prediksinya benar, maka dia dapat 1 poin. Jika ditambah Betting, maka poinnya menjadi 2.

Permainan Selesai ketika ada pemain yang mendapatkan 10 poin atau lebih diakhir giliran bermain, maka pemain dengan poin tertinggi yang menang. Jika sama, maka bisa melakukan tiebreaker dengan cara melanjutkan permainan sampai ada 1 pemain yang memiliki poin paling tinggi.

Visualisasi cara bermainnya, silahkan tonton video cara bermainnya dibawah ini, yang sudah disiapkan oleh Momento Craft. (eFKa)

Artikel Terkait:
Social Party Games ini Menantang Kamu untuk Menjadi Seorang Cenayang Terbaik
Mengenal Memento Craft sang Cenayang Board Games Studio (soon)

BONUS VIDEO TUTORIAL by RWHShadow

Boleh Share ajak yang lain duduk SatuMeja disini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •