Thursday, April 25Ajak Kawanmu Untuk Duduk SatuMeja

Hiphop Talk Podcast, Podcast Pertama di Indonesia yang Khusus Ngomongin Hip Hop

SOLO – SatuMeja.com | Buat kamu yang sudah membaca Artikel saya “Menggelar Podcast di Satu Meja” sebelumnya, salah satu podcast yang saya tulis disana adalah Hiphop Talk Podcast yang juga baru lahir di dunia Podcast tanggal 2 Januari 2019 lalu.

Sejauh ini, saya baru tau hanya ada Hiphop Talk Podcast ini yang khusus ngebahas Hip-Hop di Indonesia, bisa dibilang ini adalah Podcast Pertama di Indonesia yang seperti itu. Dalam podcast ini ada Biggy, Doby, dan Rijal yang ngobrolin tentang Hip Hop, khusus nya Hip Hop Lokal. Mari kita kenalan satu-satu dengan mereka.

Pertama ada Andreas Dhiwangkara Yoga Wijaya atau yang biasa di panggil Doby Andreas, seorang BeatBoxer yang juga seorang wirausaha. Doby juga rapper yang tergabung dalam GASH ( Go Ahead Super Hero). Kalau kamu sedang ada di Solo atau Surakarta, coba mampir ke Warung Wijaya (IG: @WarungWijaya) yang beralamat di Jl. Perintis Kemerdekaan No.75 Surakarta. Di Café Warung Wijaya ini, podcast pertama mereka direkam tanggal 1 Januari 2019.

Selanjutnya ada Yuan Alfasa a.k.a Biggy, Rapper asal Cirebon yang karya lagunya dapat dinikmati di Soundcloud, Spotify & iTunes. Mahasiswa Seni Rupa ini juga memiliki usaha jasa pembuatan seni visual dengan bendera Reka Reka (IG: @RekaReka.Visual), kamu bisa cek karya karyanya disana. Selain membuat Podcast Hiphop Talk ini, Biggy juga lanjut membuat Podcast RAPAT (Rembukan Seputar Art).

Terakhir ada Rijal Habibi, seorang producer lagu yang bareng sama Biggy berjudul “Eksposisi Banda”. Selain berkarya dalam lagu, Rijal juga kolaborasi sama Biggy di Podcast RAPAT (IG: @RapatPodcast). Podcast ini membahas tentang kesenian, khususnya seni rupa.

Sekarang ngomongin Podcastnya, saya coba memberikan beberapa pertanyaan kepada mereka. Silahkan disimak

Podcast itu menurut kalian bagaimana?
Podcast itu menurut kami adalah media yang menarik, dikarenakan seperti radio dan bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Lebih praktis. Walaupun di daerah solo dan sekitarnya masih jarang pendengar, tp lambat laun, pendengar podcast bakal bertambah.

Sebelum buat Podcast Hiphop Talks, podcast apa atau siapa aja yang kalian dengarkan?
Biggy sendiri, mendengarkan podcast “30 days of lunch”, “habis nonton film”, sama “baper (bacotan pria)”, kalau Rijal emang dengerin podcast udah lumayan lama ya. Setahun lalu biasa dengerin podcast tentang musik di SoundCloud dan random tapi semenjak rame di Spotify jadi pindah ke Spotify, biasanya dengerin bareng yuan podcast 30 days of lunch. Sedangkan Doby, belum pernah dengerin podcast sih sebenernya. Cuma beberapa tahun lalu sempet dengerin semacam motivator cinta gitu, namanya Ronald Frank, nama web dia kalo ga salah pecinta wanita. Hehe…

Idenya dari siapa, membuat Podcast ini?
Sebenarnya awal mulanya itu ketika Doby mempunyai keinginan untuk membuat acara sharing session tentang hiphop dan belum terwujud. Disitu Biggy memberi jalan bagaimana kalau dibuat podcast sekalian. Secara bertahap, dan pembahasan hiphop yang lainnya juga bisa diangkat, dan lebih efisien.

Proses menentukan nama, tema podcast, sampai rekaman podcast pertama kali lalu dipublish itu bagaimana?
Kalau nama sendiri dicetus oleh Biggy secara tiba-tiba saja. Tidak ada pencarian lebih dalam, dikarenakan di podcast ini kita mau bahas hiphop. Sebenernya ada beberapa nama lain, setelah didiskusikan, akhirnya nama hiphop talk lah yang fix.

Kalau tema podcast karena kita berada di satu circle yaitu penikmat hiphop itu sendiri yang menjadikannya tema podcast. Untuk rekaman podcast pertama itu dilakukan di cafe, menggunakan handphone biasa, membahas tentang mengapa kami pilih hiphop. Lalu kami edit dan kami publish di soundcloud dan anchor.fm

Dari edisi Podcast yang sudah rilis itu, bagaimana feedback dr pendengar yg kalian dapan?
Sejauh ini bagus, dikarenakan tema yang diangkat masih satu circle dengan beberapa teman2 kami.

Rencana kalian kedepannya bagaimana?
Membuat podcast ini lebih rutin lagi, meningkat kualitas secara materi dan teknis. Dikarenakan podcast ini masih tahap awal banget. Jadi ya wajar jika masih banyak memiliki kekurangan-kekurangan.

Sampai artikel ini di tulis, Hiphop Talk Podcast sudah mempublish 2 episode. Kalau di episode pertama mereka merekamnya di Solo, Episode kedua direkam di Cirebon saat Rijal & Biggy mudik dan mengajak salah satu aktivis hip-hop disana bernama Pengedar Kata. Kamu bisa dengerin di anchor.fm dan souncloud.(eFKa)

Social Media Podcaster Hiphop Talk:
Twitter : @dobyandreas, @yuanalfasaa, @rijalrtn
Instagram : @dobyandreas, @yuanalfasa, @rijalhbb
Facebook : Andreas Doby, Yuan Alfasa

Boleh Share ajak yang lain duduk SatuMeja disini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •