Tuesday, May 21Ajak Kawanmu Untuk Duduk SatuMeja

SatuMeja.com #2019GantiKonsep

JAKARTA – SatuMeja.com | Akhirnya kita masuk tahun 2019. Kalau dihitung dari terakhir postingan diwebsite satumeja ini, sekitar 14 bulan website ini tidur. Ada beberapa penyebab sehingga satumeja ini tertidur, diantaranya adalah perpindahan hosting web yang tidak baik saat itu, sehingga membuat web ini berantakan.

Tidurnya web ini selama setahun lebih, membutuhkan usaha dan motivasi lumayan besar ternyata. Hahaha… 😀

2018 kemarin sebenernya nggak sepenuhnya lepas dari media online, saya ada bantu-bantu di Rumah Millennials untuk ngurusin website medianya dan sedikit nulis beberapa artikel disana. SatuMeja jadi semakin nggak kepegang.

Tahun 2018 kemarin saya mulai suka ngelihat YouTube yang isinya wawancara panjang seseorang, terutama channelnya Soleh Solihun. Apalagi sekarang semakin banyak yang buat konten wawancara dengan durasi yang sangat panjang, mungkin efek dari kebijakan YouTube dalam hal monetisasi video para kreatornya.

Selain di YouTube, saya juga mulai ngedengerin PodCast. Saya lupa gimana ceritanya sampai saya ketemu Podcast Awal Minggu nya Adriano Qalbi, sepertinya karena nonton video YouTube dimana dia diwawancara disana.

Dari videonya kang Soleh Solihun sepertinya, yang dia wawancara Adriano Qalbi. Coba nanti aku cari video nya lagi dan bahas di satumeja kalau memungkinkan. 😀 hehehe…

Buat yang belum tau PodCast, gampangannya podcast itu seperti radio, tapi independen dan jarang muterin lagu. Bahkan kebanyakan tanpa muterin lagu disana, paling buat intro, outro, dan Backsound podcast disetiap edisinya aja. Isinya ya obrolan-obrolan aja, Podcast Awal Minggu malah kebanyakan isinya Monolog selama sejam. Katanya dia itu buat ngelatih bahan standup nya dia.

Di-Podcast saya nemu banyak obrolan-obrolan panjang seperti ini, saat itu taunya hanya yang di SoundCloud. Kalau zaman masih ngejalanin media HipHop saya taunya SoundCloud itu tempat musisi upload lagu-lagu mereka, dan saya banyak denger lagu disana sambil nge-download yang bisa di download. Sekarang lebih banyak buat ngedengerin Podcast.

Banyak Informasi & Pemikiran-Pemikiran yang tidak saya dapatkan di TV maupun tempat yang lain, sangat bermanfaat untuk saya.

Sekitar bulan September 2018, mas Yoris Sebastian, Tyo Guritno, dan Eva Ditasari merilis sebuah aplikasi podcast Inspigo (Inspiration on The Go). Podcast yang diisi oleh banyak narasumber keren & profesional dibidangnya. Kalau Yoris sampai terjun buat seperti ini, sepertinya Indusri podcast kedepannya sangat berpotensi sekali.

Beberapa bulan lalu saya mulai mencoba Aplikasi Spotify, penasaran sama karya lagu anak-anak hip-hop lokal. Dapat info kalau sudah mulai banyak lagu-lagu mereka yang dipajang disana, coba cari & dengerin satu-satu. Mencoba untuk dengerin lagu yang Original di aplikasi kekinian.

Nggak lama sebenernya saat itu saya mencoba pakai Spotify ini, mungkin efek generasi Millennilas Senior. Hahaha…

Diakhir Desember kemarin, saya lihat Stories IG Ollie Salsabeela, dia mau buat podcast dan minta saran mulainya dari mana & tools apa yang digunakan. Dia disaranin untuk pakai anchor.fm, wah baru tau nih. Coba buka & register disana, menarik nih web, jadi Alternatif-nya SoundCloud yang kalau mau rekaman berjam-jamnya terpajang di akunnya harus jadi akun Premium (Berbayar). Berbayarnya cukup besar juga pertahunnya.

Alternatif Anchor.fm ini bisa jadi solusi nih buat yang maunya gratisan, bahkan nggak cuma hanya muncul di website nya Anchor.fm. Podcast kita juga bisa dimunculin juga di Spotify dan beberapa media digital yang lainnya. Ini jadi petunjuk kalau di Spotify itu ada podcast juga.

Karena buka Anchor.fm di desktop, saya coba untuk pertama kalinya buka spotify via desktop juga. Hahaha norak banget yak.

Pertama kali yang saya cari podcast “Gini Aja Deh” nya Ollie, wah nemu. Lalu dilanjut “Podcast Awal Minggu” dan “Podcast Subjective” nya Iqbal Hariadi, ada juga ternyata. Dari sana lalu coba untuk menjelajah lagi si Spotify ini, ternyata saya nemu sangat banyak PodCast disana, baik dari luar maupun dalam negeri. Serasa nemu harta karun disana. Masukin ke-Library hampir semua podcast lokal yang aku temui, dan coba dengerin satu-satu edisinya. 😀

Skena Hip-Hop lokal juga banyak perkembangan di 2018 ini, yang paling saya suka adalah movemennya AllDay Music yang membuat kompetisi “Beef Rap Battle” termasuk efek sampingnya yang membuat Diss Rap Battle yang nyenggol kemana-mana. Hahaha…

Hal-Hal diatas lah sebagian yang membuat akhirnya saya mencoba untuk membangunkan satumeja.com ini, dengan memanfaatkan momentum Tahun Baru 2019. Karena semua hal diatas sangat berat jika dibuatkan website satu-satu, maka saya putuskan untuk menggabungkannya semua diwebsite ini. silahkan baca juga page About di web ini.

Dengan begitu, berarti ditahun 2019 ini satumeja.com akan ganti konsep. #2019GantiKonsep
Mungkin nanti saya akan coba nulis artikel politik juga, yang ringan-ringan aja. hehehe…

Tenang saja, untuk Board Games akan tetap akan ada di SatuMeja.com

Konsep baru ini masih akan terus di sesuaikan dengan kondisi alam semesta dimasa depan, sementara seperti ini aja. Semoga suka dengan tampilan SatuMeja.com yang baru kawan-kawan.

Semangat Tahun Baru kawan-kawan.
Semangat Berkarya ditahun yang baru.
Semoga kita selalu diberikan Kesehatan, Kebahagiaan, dan Rezeki yang semakin Lancar mengalir. AAAAAMIIIIIN

Ferdian Kelana
(Penjaga Meja)

Boleh Share ajak yang lain duduk SatuMeja disini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •