Tuesday, May 21Ajak Kawanmu Untuk Duduk SatuMeja

Akhir Tahun di Kantor SAMSAT

JAKARTA – SatuMeja.com | Sepertinya hampir setiap akhir tahun SAMSAT punya program penghapusan Denda Administrasi keterlambatan pembayaran pajak tahunan. Efeknya bulan Desember akhir kemarin samsat dipenuhi oleh banyak manusia yang mau bayar pajak kendaraannya.

Saya salah satu manusia yang ikutan antri disana. XD hahaha…

Ada 2 kendaraan roda dua yang saya urus saat itu, bedanya yang satu rutin tiap tahun dibayar pajaknya, yang satunya dah nunggak 2 tahun. Postingan kali ini saya mau sharing pengalaman saya untuk membayar pajak kendaraan di samsat dengan kondisi seperti itu, setidaknya untuk pengingat saya nanti di tahun depan supaya lebih efesien ngikutin birokrasinya tanpa calo. Saya ngurus ini di samsat Jakarta Timur Kebon Nanas, mungkin di samsat lain kondisinya mirip-mirip lah.

PERSIAPAN
Sebelum berangkat ke samsat, siapkan STNK, KTP pemilik kendaraan, dan BPKB Kendaraan untuk dibawa. Sampai di samsat, cari tempat fotokopian di kantin samsat. Tanya petugas aja di pintu masuk gedung samsatnya, nanti diarahkan. Serahkan aja STNK, KTP, dan BPKB yang dibawa tadi ke kang fotokpiannya, mereka sudah paham apa yang harus di copy dan ngatur itu untuk dibawa ke loket. Biayanya sekitar Rp 3.000,-

Sadar akan banyak yang bakal ngantri buat bayar pajak, saya mempersiapkan buku bacaan saat itu. Saya lupa bawa Ear Phone buat ndengerin lagu/podcast, persiapan cadangan kalau membaca buku kurang kondusif. Saya datang disana sekitar jam setengah dua, kondisi antriannya seperti ini. 😀 Mantab kan…

ANTRI DAFTAR BERKAS
Sebelum Antri, Ambil Form Pendaftaran lalu isi formnya dan ambil nomer tiket pendaftaran. Tanya saja ke petugas dimana ambil form & tiket nya, lalu sekalian tanya antrian daftarnya dimana.

Tiket pendaftarannya ada 2 lembar dengan nomer yang sama, itu bukan nomor antrian meski tulisannya nomer antrian. ini digunakan untuk pemanggilan saat berkas kita sudah selesai di proses ditahap awal. Satu lembar kita bawa, selembarnya lagi disertakan diberkas yang kita daftarkan.

Berkas Fotokopian, KTP Asli, dan selembar Tiket pendaftaran kita serahkan ke petugas diloket pendaftaran, Setelah itu kita tunggu nomer kita dipanggil. Silahkan cari tempat yang nyaman untuk menunggu, dan pastikan kamu bisa mendengar panggilan petugas disana.

BAYAR PAJAK
Saat nomer tiket dipanggil, langsung datangi loket ke-2 buat ambil nota bayar pajak untuk dibayarkan di loket ke-3. Loket-loket ini bersebelahan dan berurutan, loket pembayaran ada 2 kalau di samsat jaktim ini.

TERIMA STNK & TANDA LUNAS PAJAK
Setelah selesai bayar, silahkan tunggu dipanggil lagi nama pemilik kendaraannya untuk menukar nota bayar pajak yang sudah di Stample Lunas tadi dengan STNK, Surat Lunas Pajak-nya, dan plastik pembungkus STNK yang baru. Dah selesai prosesnya.

Itu proses birokrasi untuk membayar pajak tahunan yang rutin, yang sebenernya bisa di
Layanan Samsat Drive Thru kalau ngurus kendaraan milik sendiri. Proses nya lebih cepat, syaratnya hanya nambah bawa kendaraannya langsung dan SIM nya.

Nasib berkas kendaraaan yang pajaknya telat 2 tahun itu dikembalikan lagi kesaya untuk diurus di loket SKP di lantai 3. Saat itu sudah hampir jam 4 sore, loket pendaftaran sudah ditutup. Jadi saya harus kembali lagi lain hari untuk ngurus itu. Males sebenernya untuk balik lagi kesana, sekitar 3 jam cuma buat bayar pajak doang. Mungkin akhir tahun depan saja balik lagi kesana, XD Hahaha…

Sampai kemarin siang saya iseng cari info apakah hari senin tanggal 31 Januari 2018 samsat buka atau nggak, dapat info di twitter nya Samsat Jaktim buka hari itu, malah pelayanannya diperpanjang sampai jam 9 malam. OK Good.

Saya yakin informasi ini nggak banyak yang tau, asumsi saya banyak orang yang menganggap samsat sudah tutup di sore hari jadi kemungkinan samsatnya nggak banyak antriannya sangat besar. Akhirnya saya memutuskan untuk berangkat sore itu, sekitar jam 5 saya sampai sana. dengan persiapan diatas yang lebih lengkap, buat jaga-jaga kalau asumsi saya salah.

Sampai sana ternyata ada bus samsat keliling disiapkan dihalaman samsat dengan tenda dan kursi-kursi antrian, yang benar sudah sepi. Saya langsung masuk naik ke lantai 3 dan Walla, Sepi sodara-sodara. hanya beberapa orang yang ada disana, loket yang dibukapun hanya ada satu. Serahin berkas di loket SKP itu, nggak nunggu lama sudah dapat berkas Ketetapan Pajak.

Kalau sebelumnya nunggu sambil baca buku,
kali ini sambil dengerin podcast “Thirty Days of Lunch”

Untuk pembayaran pajak kendaraan yang telat 2 tahun tadi diarahkan ke lantai 4, mulai dari antri bayar Sumbangan Wajib Jasa Raharja, lalu antri di loket pembayaran SKP.

Ngantri bayar lagi.

Selesai bayar keterlambatan pajak kendaraan yang 2 tahun tadi, lanjut turun ke lantai satu untuk bayar pajak kendaraan tahun 2019 ini. Prosesnya sama seperti yang sudah saya tulis diatas.

Nunggu dipanggil nomer Tiket Pendaftarannya
Damainya Sore itu, sepertinya nggak sampai 1 jam sudah selesai semua proses pembayarannya.

Begitulah kisah saya akhir tahun di Samsat untuk pembayaran Pajak Tahunan Kendaraan Bermotor roda dua, semoga bermanfaat informasinya. (eFKa)

Boleh Share ajak yang lain duduk SatuMeja disini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •