Monday, July 15Ajak Kawanmu Untuk Duduk SatuMeja

Perlukah memikirkan expansion diawal membuat game? (FB Respon)

satumeja.com | Dua hari yang lalu diposting artikle “Perlukah memikirkan expansion diawal membuat game?“, kami share linknya ke group FB “Indonesia Board / Card Game Designer” Lumayan banyak respon dari beberapa kawan kawan boargames, termasuk Adhicipta yang statementnya kami kutip di artikle itu.

Berikut beberapa respon yang ditulis:

Vicky Belladino (Congkak Co. – Perjuangan Jomblo)

Nimbrung ah…
Inget nggak, pas ada sesi diskusi development boardgame di ITB. Salah satu narasumbernya bilang, kalo satu dari sedemikian banyak yg harus disiapin ketika develop tabletop game adalah expansion. Dalam hati : “Tai kuda. jadi juga belom., ngapain mikir expansion”. Praktis kala itu gw nggak setuju.

Tapi semakin banyak baca, makin banyak pencerahan juga. Menurut gw, poin dari urgensi “expansion” ini bukan di kalo jadi komik gimana, kalo jadi game digital gimana, tapi lebih ke selling poin apa yang akan di pursue. IMO, Animasi yang merchandisenya nggak laku bukan berarti lebih jelek daripada yang merchandisenya laku. Pun demikian Tabletop game.

Ekspansi smashup bisa begitu laku karena emang replayability & nilai jualnya ada di variasi faction, which is a call for more expansion pack. Tapi Stefan Feld jg ga harus pusing mikirin deretan ekspansion pack buat Burgundy misalnya. Naturenya beda, selling poin nya beda. Apa berarti Smashup lebih bagus daripada Burgundy?

Jd IMO, pentingnya “mempersiapkan ekspansion” bukan di apa ekspansion pack pertama atau game digitalnya nanti bakal kaya apa, melainkan menangkap dengan tepat selling poin game nya & menentukan arah pengembangannya akan kemana.

Gile niat banget gw disingkat ginibanggw

Adhicipta R. Wirawan (Waroong Wars)

Yg terlupakan dari artikel di atas adalah peran publisher krn akan bisa beda strategi jika BG yg dibuat akan self publish.

Saat ada pihak publisher maka “tanggung jawab” desainer adalah memastikan “investasi” mereka berhasil. Publisher mengeluarkan biaya produksi hingga promosi yg nilainya ratusan juta.

Jadi desainer dan publisher duduk dan ngomong bareng risiko bisnis yg melekat pada produk. Coba tanya deh sama para desainer BGC yg produknya dah rilis, pihak publisher akan meminta banyak penyesuaian mulai konten hingga komponen.

Berdasarkan pengalaman saya menulis buku, bikin serial animasi, bikin komik hingga bikin video game. Saya selalu menggunakan perspektif editor dan target customer saat membuat produk. Kenapa ini penting? Karena kita harus memastikan produk kita bisa memberikan profit. Ini berpengaruh ke tingkat percayaan publisher dan customer ke kita

Maka dari itu sbg desainer harus punya visi besar thd produk yg dibuat. Setiap produk jg dipikirkan target penjualannya sehingga memicu aktivitas promosi yg akan dibuat. Evaluasi channel distriibution yg efektif dlm boosting sales. Jadi gak bisa kita bikin produk sekadar atas nama idealisme saat kerja dgn publisher. Kl mau “sak karepe dewe” ya masuklah jalur indie sbg solusi.

sekadar info tambahan, bbrp waktu lalu saya mewakili tim ww berdiskusi tentang produk pengembangan ww dgn bbrp pimpinan kompas. Intinya semua produk pengembangan harus ditopang dgn prestasi penjualan. Bukan dari jumlah like atau follower hehehe… Kesetiaan itu harus dibuktikan dgn beli. Mirip kayak lo pacaran tp kl serius ya nikah. Jd saat ini tim ww terus ngejar penjualan di atas 2500 sd 3000 box di 2016. Jika tidak maka semua produk turunan ini gak akan terwujud.

Isa R. Akbar (Kummara – Manikmaya)

dark souls kickstarter board gameSebenernya dark souls board game yang muncul di KickStarter bisa jadi studi kasus. Mereka (pasti) dari awal udah mikirin ini itu sampe stretch goal yang udah unlock 50an biji. Sempet sama Andre ngebahas, mereka ada berapa back up plan. Dark Soul memang IP yang cukup besar tp bukan berarti yang board game juga bakal sukses (walaupun nyatanya sukses2 juga). Kalo ga punya business plan ngembangin IP yang bagus mreka (publisher) pasti keteteran mikirin stretch goal yang nambahin ini itu ketika hasil pledge udah diatas 100%

(eFKa)

Boleh Share ajak yang lain duduk SatuMeja disini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •