Monday, July 15Ajak Kawanmu Untuk Duduk SatuMeja

Tidak semua event pameran cocok untuk game kita

SatuMeja.com | Hari terakhir Board Game Alley diacara Pasar Komik Bandung (pakoban) yang dibuat di Braga City Walk, ngerti nggak maksudnya :D. Board Game Event yang nebeng dengan acara pop culture yang besar, Pakoban menjadi pilot project dari Board Game Alley ini.

Banyak belajar dr event ini, salah satunya adalah tidak semua event cocok dengan game yang kamu buat.

wp-1462694005827.jpg

Arabic Card Games Awwalan tidak cocok dijual di event pop culture seperti ini, meskipun penjualan hari pertama masih seperti rata rata jumlah penjualan game yang lain. 😀

Hal ini sama seperti ketika card game pet war, nggak begitu laku di event pameran edukasi. Seperti yang diungkapkan Markus “Canvas Ranger” kemarin dipinggir venue BGA kepada saya.

Arabic Card Games Awwalan, mungkin akan sangat Cocok jika ikutan event pameran pendidikan, apalagi kalau di event komunitas Muslim.

Respon untuk Card Game “Virtual Emergency Room” malah lebih baik, hampir setiap selesai main hampir semua senang dengan gamenya, padahal ini game edukasi. 😀

Banyak juga yang nanya, game ini dijual harga berapa dan ada juga yang langsung ke booth penjualan untuk mencari gamenya. Karena ini masih prototype, ya mau gimana lagi. Mungkin next event saya akan buat prototype nya, khusus untuk dijual di pameran.

Mereka mereka ini akhirnya yang saya ceritakan tentang Social Movement yang akan Demeira Nusantara buat. Sebuah gerakan sosial yang diberi nama “The RESCUE Play”, dengan menggunakan game ini sebagai pilot project nya. Infonya klik disini.

IMO, Testing Market itu perlu, mengalaminya sendiri itu penting. Sebagai team, apalagi sebagai pengambil keputusan atas sebuah game, pengalaman langsung akan sangat mempengaruhi kualitas keputusan yang akan diambil. Khususnya bagi yang perusahaan/studio nya masih kecil, apa lagi yang masih sendiri…. Ya iyalah… 😀

Bagi yang sudah mampu untuk memilah event mana aja yang cocok, mana yang nggak, anda layak dapat jempol. ^_^

Saat ada diacara seperti ini banyak yang harus dipelajari untuk pengembangan game dan juga studio, kosongkan “cangkir”, banyak ngobrol, banyak tanya, banyak mendengarkan, banyak evaluasi. Kalau perlu dicatat, manusia itu tempatnya lupa. Salah satu bentuk penghargaan kepada orang yang berkenan sharing dengan kita adalah dengan mencatat, apalagi saat ada yang memberikan feedback terhadap game kita, baik prototyoe maupun yang udah dicetak masal. Salam Super… #iTUH (eFKa)

Boleh Share ajak yang lain duduk SatuMeja disini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •