Monday, July 15Ajak Kawanmu Untuk Duduk SatuMeja

Perlukah memikirkan expansion diawal membuat game?

SatuMeja.com | Ada topik menarik kemarin dilempar di wall FB-nya Ardiawan Bagus Harisa, tentang artikle “Berhenti mikirin IP (Intelektual Propoerti) by Sunny Gho” yang dikomentari oleh Adhicipta (Creator Waroong Wars).

Adhicipta setuju kalau apapun karya yang kita buat adalah IP kita, hanya tidak setuju kalau kita tidak perlu memikirkan (expansion/pengembangan) IP. “Saya kurang setuju sama artikel ini… ibaratnya halah bikin anak aja kok mikir 🙂 … sejak awal karya harus sudah dipikirkan secara matang, artinya ini komitmen jangka panjang bukan asal terjang. IMO” kata Adhicipta

“Sejak awal bikin Waroong Wars kami sudah memikirkan jangka panjang mulai dari nama hingga mengapa harus card game bukan board game. Kalo gak dipikir sebagai IP saya yakin kami gak bakal jadi juara 1 ^_^” Lanjut Adhicipta.

Adhicipta juga memberikan contoh beberapa animasi yang official merchandise nya nggak begitu kelihatan di masyarakat, padahal serial itu banyak digemari oleh anak anak. “Gini deh… ada animasi serial lokal… sebut aja ASJ (Adit Sopo Jarwo)… udah pernah lihat official merchandisenya sukses? merchandisable kah desain karakternya??? Saya juga ngobrol langsung sama produsernya little krisna di tokyo… kasus yg sama…. so sejak awal itu ya mikir… bukan asal terjang…” Ujar Adhicipta.


tonton mulai menit ke-5, atau click disini

Dari diskusi ini saya teringat tentang acara FDG (Forum Discussion Group) yang dibuat oleh Bekraf & UNS Solo, dimana salah satu narasumber utama Bayu Sulistyo membahas tentang pengembangan dan memanfaatkan IP ini. Dari sharing disana salah satu hal yang penting untuk dibahas adalah perlindungan IP, dimana pendaftaran IP ini menjadi salah satu kesulitan yang mereka hadapi. Mungkin nanti akan saya share juga di satumeja ini tentang FDG selasa kemarin di Solo.

Kembali ke topik, apakah perlu memikirkan turunan dari IP yg kita buat? Pendapat saya, berkarya aja yang baik. pengembangan IP itu nanti akan muncul sendiri idenya jangan terlalu difikirkan, entah itu muncul dari diri sendiri saat berproses, maupun ada tawaran dr pihak lain seperti perusahaan wax kepada dragonball.

Kalau teamnya mampu memikirkan seperti yang dipikirkan Adhicipta & team untuk game “Waroong Wars”, Ya silahkan aja. Kalau itu jadi beban, ya udah fokus ngembangin inti IP-nya aja untuk saat ini dan kalau sedang jenuh, baca baca informasi tentang pengembangan IP di industri kreatif itu seperti apa aja buat referensi.

“Buat saya waktu itu sumber daya yang tidak tergantikan dan berharga. Jadi bikin IP ya harus direncanakan dengan matang. Kalau buat sebagian orang waktu tidak bernilai alias berkarya sajalah ya silahkan aja. Dan jangan ngomel kalau akhirnya industrinya gak berkembang.” tutup Adhicipta dalam diskusi di postingan facebook itu.

Kita tidak dapat berjalan sendiri kawan, kita memerlukan team yang dapat saling mengisi kekurangan kita. Kita juga memerlukan komunitas-komunitas yang lain untuk sharing dan menyatukan kekuatan agar IP yang kita miliki dapat dimaksimalkan dan industrinya menjadi lebih baik. (eFKa)

Boleh Share ajak yang lain duduk SatuMeja disini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •